HTML 1

Yayasan Pendidikan Tunas Baru

Kamis, 22 Juli 2010

Tugas 2 TIK


Data & Informasi

Data adalah suatu kumpulan kejadian-kejadian yang ditulis dari suatu keadaan nyata yang terjadi di lapangan ,sehingga kita dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap kejadian yang kita alami merupakan data yang nyata. Data dapat dibagi menjadi dua bagian:

I. Data Valid : adalah data yang benar adanya

II. Data Invalid : adalah data yang tidak benar


Kumpulan data yang terangkum menjadi satu dapat menghasilkan suatu informasi yang akurat, informasi yang kita dapatkan saat ini baik melalui media cetak, media elektronik maupun internet adalah sekumpulan data yang dirangkum menjadi satu.


Dua komponen data dan informasi mempunyai keterkaitan yang sangat erat antara satu dengan yang lainnya. Tidak mungkin ada informasi tapi tidak ada data, sebaliknya data tanpa informasi akan terasa hampa. Sebuah informasi akan akurat jika didukung dengan berita yang valid.


Data dan informasi adalah suatu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan.

Perhatikan siklus informasi diatas...

Dari siklus diatas dapat disimpulkan bahwa data yang dimasukkan (input) untuk kemudian diproses menghasilkan suatu keluaran (out put) berupa informasi tanpa kita sadari setiap hari bahkan setiap detik kita melakukan siklus informasi, gambar tersebut dapat diartikan bahwa data yang diinput seperti keyboard, scanner,dan lain sebagainya unruk kemudian dilakukan proses pengolahan data yang dilakukan oleh Central Processing Unit (CPU) sehingga nantinya akan menghasilkan output berupa informasi, kertas (printer), file (monitor) yang cepat dan aktual.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar